Home > Insects & Small Animals > Belalang Ranting

Belalang Ranting


Belalang Ranting

Belalang ranting yang sering dipelihara di sekolah adalah serangga tak bersayap yang agak aneh. Belalang ini berasal dari India. Banyak sekolah yang memeliharanya sehingga mencarinya mudah, atau setidak-tidaknya mendapatkan telurnya.

Binatang ini diberi nama belalang ranting karena demikianlah rupanya – seperti ranting coklat kehijauan dengan enam kaki. Kalau terganggu belalang ini melipat kakinya dan disiang hari hampir tak dapat dibedakan dari ranting kering. Mereka mencari makan di waktu malam.

Toples besar atau tangki ikan dapat dipakai untuk memelihara belalang ini (setelah dewasa panjangnya sekitar 7 cm). Untuk mereka harus selalu disediakan daun jambu segar. Sebaiknya ini ditaruh dalam vas bunga berisi air supaya tidak kering.

Kau dapat membuat kandang dari kotak sepatu yang kuat. Potonglah segiempat besar pada tutupnya, lalu rekatlah plastik bening sebagai jendela pengamatan, dan buatlah lubang-lubang di sekeliling kotak untuk ventilasi.

Belalang ranting berganti bulu beberapa kali selama enam bulan sebelum dewasa. Betinanya dapat bertelur tanpa pejantan, dan terus bertelur selama tujuh atau delapan bulan berikutnya. Selama hidupnya belalang ranting bertelur sampai 500 butir. Kemudian belalang dewasa mati – dan pada saat itu sebagian telurnya sudah menetas. Telur belalang ranting biasanya menetas setelah enam bulan.

About these ads
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: