Home > Insects & Small Animals > Serangga (Metamorfosis)

Serangga (Metamorfosis)


Metamorfosis

Belalang ranting India adalah serangga yang aneh, karena tidak bersayap. Kebanyakan serangga mempunyai sepasang atau dua pasang sayap. Mereka juga punya tiga pasang kaki dan sepasang sungut atau perasa.

Semua serangga memiliki tubuh yang terbagi menjadi tiga bagian. Bagian depan adalah kepala dengan mata dan sungut (perasa), bagian tengah adalah dada (kaki dan sayap terpasang pada dada), dan selebihnya adalah perut. Jika kau tidak yakin apakah sesuatu yang kautangkap adalah serangga, hitunglah kakinya. Jika kakinya lebih dari enam, maka itu bukan serangga.

“Bayi” serangga seringkali tidak seperti yang dewasa, dan harus melalui beberapa perubahan dalam daur kehidupannya. Serangga bertelur, yang menetas menjadi larva; larva berubah menjadi pupa, dan akhirnya serangga dewasa keluar dari pupa ini. Seluruh perubahan ini disebut metamorfosis.

Telur lalat kecil, runcing dan putih. Larvanya yang keluar dari telur disebut singgat. Beberapa waktu kemudian singgat berubah menjadi pupa berbentuk tong berwarna coklat. Di dalam tabung pupa ini singgat berubah menjadi lalat yang kita kenal.

Beberapa serangga tidak melalui tahap pupa. Salah satu diantaranya adalah nyamuk, dan demikian pula belalang ranting. Larva belalang sulit dibedakan dari yang dewasa, kecuali ukurannya yang lebih kecil dan kebiasaannya melungsung secara berkala. Maka jangan heran kalau menemukan kulit kosong yang kering dalam kandangnya.

About these ads
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: