Home > News > Ke Pengadilan Ganti Jenis Kelamin

Ke Pengadilan Ganti Jenis Kelamin


Ketika lahir dia adalah perempuan. Berselang beberapa bulan tumbuh kemaluan pria.


VIVAnews — Bocah itu masih berusia enam tahun. Duduk dibangku kelas satu pada sebuah  sekolah dasar Purwokerto, Jawa Tengah. Sebut saja namanya Dina. Menurut akte kelahiran, berjenis kelamin perempuan. Kini orang tuanya ingin menggantinya menjadi lelaki tulen.

Agar status hukum jenis kelamin Dina jelas, maka satu-satunya jalan adalah menempuh jalur hukum ke Pengadilan Negeri Purwokerto. Tentulah dia tak datang sendirian ke pengadilan untuk menggugat. Masih belum cukup umur, dia didamping dua orang tuanya, pasangan suami isteri Sunarto dan Siti Santiasih, Warga Kelurahan Karangklesem, Purwokerto.

Sebab berasal dari keluarga tak mampu pula, seorang pengacara bernama Joko Susanto, mendampingi di persidangan secara gratis. Dalam sidang perdana yang dipimpin hakim tunggal Dwi Winarko pada Selasa 23 Desember 2008, hanya berlangsung proses pemeriksaan dokumen permohonan.

Selain itu hakim mendengarkan tiga saksi. Salah satunya adalah Nunung Danuria, bidan di kampung Dina. Nunung bilang, saat lahir Dina berjenis kelamin perempuan.

Namun berselang beberapa beberapa bulan muncul kelamin pria di kelamin wanitanya. “Setelah dilakukan pemeriksaan di rumah sakit juga tidak terdapat rahim dan memiliki kromosom laki-laki yakni XY,” kata Nunung kepada wartawan ANTV yang mewawancarainya.

Itulah sebabnya orang tua Dina ingin putrinya menjadi putra. “Perubahan ini ternyata harus melalui jalur hukum formal,” katanya. Sehingga mereka pun ke pengadilan. “Ini kasus pertama permohonan perubahan status jenis kelamin,” kata Joko. Setelah dikabulkan hakim, nama Dina akan diganti dengan nama pria.

Laporan : Sonik Jatmiko | antv – Purwokerto
• VIVAnews

[sumber]

Categories: News
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: