Home > N. Gasa L. > Hidup ini adalah Gema

Hidup ini adalah Gema


Suatu hari seorang anak lelaki kecil naik ke sebuah gunung bersama ayahnya. Sedikit lagi sampai di puncak, eh malang nian si anak. Dia tersandung batu hingga terjatuh, dan jeritannya memecah keheningan suasana pegunungan, “Aduuuh…!’

Betapa kagetnya si anak ketika tak lama kemudian dia mendengar suara yang persis sama dengan kata-katanya dan menirukan teriakannya persis sama, “Aduuuh…!”

Spontan si anak berteriak lagi, kali ini lebih keras, “Hei siapa kau?!” Jawaban yang sama kembali terdengar di telinganya, juga lebih keras, “Hei siapa kau?!”

Kesal bercampur marah, si anak berteriak lagi, lebih keras dari yang sebelumnya, “Kesini kau kalau berani!!!” Oalah… jawabannya masih saja merupakan perulangan kata-kata si anak, “Kesini kau kalau berani!!!”

Sementara itu sang ayah rupanya memperhatikan tingkah anaknya. Sambil tersenyum dibantunya si anak berdiri sambil berkata, “Nak, itu adalah gema. Gema akan memantulkan setiap suara yang kau buat. Sekarang coba dengarkan ayah.”

Lalu sang ayah mengatupkan kedua tangannya membentuk corong di depan mulutnya dan berteriak, “Kamu yang terbaik!!” Gema pun memantulkan suara yang sama. Sekali lagi sang ayah berteriak, “Kita pasti bisa!!” Dengarkan gemanya, “Kita pasti bisa!!” Dan kemudian sekali lagi sang ayah berteriak, “Ayah bangga padamu nak!!” yang juga diikuti oleh gema dengan suara yang sama.

Lalu sang ayah memandang muka anaknya yang masih tampak keheranan. Dengan arif sang ayah berkata,

“Hidup ini adalah gema. Bila kau melakukan hal-hal yang negatif, nak, maka kau pun akan menerima hal-hal negatif sebagai akibatnya. Namun bila kau melakukan hal-hal positif, kehidupan pun akan memberimu buah-buah yang positif… ”

“Kehidupan memberi umpan balik atas semua ucapan dan tindakanmu. Dengan kata lain, kehidupan kita adalah sebuah pantulan atau bayangan atas tindakan kita. Bila kau ingin mendapatkan lebih banyak cinta di dunia ini, ciptakanlah cinta itu di dalam hatimu dan pancarkanlah. Hidup akan memberikan kembali segala sesuatu yang telah kau berikan kepadanya… “

Categories: N. Gasa L.
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: