Home > Information, N. Gasa L. > Mata Ikan

Mata Ikan


tiba2 kepingin cerita pengalamanq, terkena “penyakit” yg dalam istilah dokter disebut “mata ikan”..

bagi yg suka nglukis / motret2, mata ikan tu = bentuk hasil gambaran / potretan menyerupai mata ikan, ada lensa kamera jg yg berjenis ini..

bagi yg doyan seafood, pasti menduga mata ikan = bagian tubuh ikan yg digunakan untuk melihat..

tapi.. bagi kedokteran, mata ikan = sejenis kapal, tapi memiliki akar, dan berasa sakit..

langsung aja cerita..

entah mulai kpn, tp yg jelas q baru nyadar di bulan Desember 2011, pertama q kira itu hanya kapalan biasa yg ada di telapak kaki kiriq.. tp kelama-lamaan kalau dibuat jalan berasa sakit.. karena q kira itu kapalan, jadi hanya q gunting saja.. yang bikin heran, kapalan-nya itu bisa tumbuh lagi..

akhirnya 24 Januari 2012, q putuskan untuk memeriksanya di puskesmas.. pertama kata dokternya itu “susuban” karena ada bintik hitamnya.. bintik hitam itupun diambil, dan hanya diberi betadin oleh dokternya, kemudian waktu pulang hanya disuru memberi betadin teratur dan diberi plester saja..

beberapa hari berikutnya, karena kondisi kaki yg belum ada tanda2 lbh baik akhirnya bsk q putuskan untuk kembali ke puskesmas, karena itu jg saran dari dokter yg kerja di puskesmas.. malam sebelum q pergi ke puskesmas, q memotret telapak kakiq.. [just for share, maaf apabila agak “menjijikan”]

26 Januari 2012

setelah dilihat lagi oleh dokter yg berbeda dari dokter yg awal q periksa, dokter itu bilang kalau ditelapak kakiq kemungkinan mata ikan, akhirnya dokter tersebut “menyobek” sedikit kulit luar telapak kakiq untuk mengambil “hitam2” yg waktu awal diduga susuban.. setelah selesai disobek, kakiq pun di perban, dan waktu pulang dapat salep dan dianjurkan memakai salep tersebut secara rutin..

27 Januari 2012

bulan Januari, Februari pun terlewatin, telapak kaki msh berasa tdk enak untuk jln, dan luka yang ada seperti “sumur”, dan terlihat juga ada “akar” di dlmnya.. kebetulan di bulan Maret saya sakit, jadi 19 Maret 2012, harus ke dokter umum, waktu di dokter umum q sekalian menanyakan telapak kakiq, dan dokter itu bil, itu adalah “mata ikan”, dan harus di operasi untuk mengangkatnya, tidak ada cara lain.. jujur, waktu diberi tau itu, q gx mikir kalau operasi yang dimaksud itu ternyata “bedah kecil” yang nantinya harus dijait.. q pun memutuskan untuk cepat2 operasi..

21 Maret 2012, q mendaftarkan diriq di RSUD di kota tmp tinggalq.. langsung mengantri di depan poli bedah, awalnya tidak takut, tapi setelah telapak kakiq disuntik bius di 4 titik, hatiq pun mulai berdebar.. emg si gx sakit waktu pisau bedah masuk ke kulitq, dan berasa ada yg “mengerok2” di dalam telapak kakiq.. [beneran tdk berasa sakit] tapi setelah itu selesai, saat jarum dan benang mulai merasuk di antara kulit, baru berasa ada sedikit “sengatan” yg seperti dicapit kepiting.. bener2 mantap sekali rasanya saudara2.. dengan total 4 jaitan q pun pulang, dgn sedikit tertatih2..

26 Maret 2012, check up pertama kakiq, ternyata lukanya masih basah [gara2 lokasi di telapak kaki], jadi hanya ganti perban saja..

28 Maret 2012, check up ke-2, ke-2 jaitan paling pinggir sudah bisa dilepas.. pada waktu digunting jaitannya, rasanya seperti ada “sengatan” lagi, kali ini lebih mirip rasanya kaya kesetrum.. bener2 bikin kringat dingin keluar.. tp setelah itu kaki kiriq yg sebelumnya bengkak dan susah buat jalan, jadi mendingan, bengkak berkurang, dan jalan jadi lebih mudah..🙂

02 April 2012, check up k-3, 2 jaitan terakhir pun sudah benar2 siap diambil, bener2 “lega” banget rasanya.. kaki yg sebelumnya tidak blh kena air [klo mndi / hujan, kaki harus dibungkus “kresek”], skrg sudah tidak perlu dibungkus lagi..😀

total semua biaya [4x ke poli bedah] = Rp.298.300,- [belum termasuk obat]

share foto setelah operasi.. hehehehe..😀

03 April 2012 09 April 2012

[dapet dari Internet]
Mata ikan umumnya disebabkan:
1. trauma akibat ukuran sepatu terlalu kecil/kesempitan
2. trauma akibat struktur tulang yang kurang baik
3. kurang bersih/jamur/lembab di daerah kaki [kata dokternya bila ada satu mata ikan trus pas dalam kondisi lembab mata ikan itu bisa nular kesebelahnya]
4. anda blm beruntung
[sepertinya klo saya kena gara2 faktor no 4 itu deh.. hikz..😦 ]

Sedangkan kutil disebabkan:
infeksi human papilloma virus (HPV) sehingga dapat menular.

Keduanya penyakit yang berbeda.

Categories: Information, N. Gasa L.
  1. 20120522 at 1900

    kok gak ada, “di injak oleh kakak saya”..:mrgreen:

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: